Loading
 
 
 
Setoran Pajak Naik, Shortfall Tetap Besar 
Dirjen Pajak Baru Harus Satu Visi Tapi Tak Ketergantungan 
Kadin Usul Hapus PPN agar Daya Beli Naik, Ini Kata Sri Mulyani 
PPnBM kendaraan bermotor akan jadi cukai? 
Ditjen Pajak Tetapkan Nilai Harta yang Bisa Dilaporkan Dalam SPT 
Tak Persoalkan Pajak, Anies akan Tutup Tempat Hiburan Bermasalah 
Darmin: Ditjen Pajak Nggak Panik, Tapi Memanfaatkan Data Tax Amnesty Saja 
Perlu kejelasan pajak 
Presiden Jokowi terlalu ambisius? 
AMANKAN PENERIMAAN: Pemerintah Potong Pajak Belanja Pemerintah Di Awal 
 
 
News
www.pemeriksaanpajak.com, 04-September-2017
 
 

IMPLEMENTASI PP HARTA BERSIH: Setoran Pajak Tahun Ini Bisa Tertolong

Ditjen Pajak berharap implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 36/2017 tentang Pengenaan Pajak Penghasilan terhadap harta bersih yang diperlakukan sebagai penghasilan bisa menopang penerimaan pajak tahun ini.

 

Ditjen Pajak berharap implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 36/2017 tentang Pengenaan Pajak Penghasilan terhadap harta bersih yang diperlakukan sebagai penghasilan bisa menopang penerimaan pajak tahun ini.



Yon Arsal, Direktur Potensi Kepatuhan dan Penerimaan Pajak Ditjen Pajak, mengatakan potensi penerimaan dari implementasi PP tersebut cukup signifikan. Apalagi waktu yang tersisa bagi mereka untuk mengejar penerimaan tahun ini tinggal 3 bulan lagi.



“Pasti ada implikasinya, cuma secara bertahap dan tidak bisa langsung menjadi uang. Kami tetap berharap berpengaruh ke penerimaan,” kata Yon, Rabu (20/9/2017).



Target penerimaan pajak yang dibebankan oleh Ditjen Pajak senilai Rp1.283,6 triliun. Apabila realisasi penerimaan hingga Rabu (20/9/2017) di kisaran 58% maka jumlah penerimaan masih Rp693,1 triliun atau masih kurang senilai Rp590,5 triliun dari target.



Tantangan lain yakni, pada tahun lalu penerimaan pajak mendapat suntikan dana segar dari implementasi pengampunan pajak senilai kurang lebih Rp100 triliun. Sehingga dengan sisa waktu tersebut otoritas pajak harus memaksimalkan basis pajak yang ada untuk menutup penerimaan tahun ini.



Supaya implementasi PP tersebut benar-benar optimal, dalam waktu dekat otoritas pajak akan menerbitkan Peraturan Direktur Jenderal (Perdirjen) atau Surat Edaran yang mengatur teknis implementasi PP tersebut.



“Jadi kami masih menunggu posisi akhir September. Ada rujukan tata cara untuk mencapainya tapi enggak semua bisa kami bagikan,” jelasnya.



Sumber : www.pemeriksaanpajak.com



http://www.pemeriksaanpajak.com



pajak@pemeriksaanpajak.com

 
Print This Article | Send This Article
     
 
  Copyrights (c) 2000-2011 OMNI SUKSES UTAMA All Rights Reserved. Disclaimer.